UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUMIREJO TAHUN 2016/2017

Samiyah, Samiyah and Halim, Abdul and Tjahjono, Achmad (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUMIREJO TAHUN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402771 SAMIYAH.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen disebabkan karena penyajian materi pelajaran Bahasa Indonesia selama proses pembelajaran. Guru masih menggunakan pembelaran konvensional, metode ceramah dan penugasan, sehingga membatasi keterlibatan siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Tujuan kegiatan penelitian dalam peningkatan kemampuan menulis cerita bahasa indonesia melalui pendekatan pembelajaran kontekstual bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo adalah :1)Untuk mengetahui pendekatan kontekstual dapat memperbaiki pembelajaran tradisional mata pelajaran bahasa Indonesia aspek menulis cerita pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo. 2) Untuk mengetahui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia aspek menulis pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran Kontekstual mata pelajaran bahasa Indonesia tentang menulis cerita pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen meningkat, terbukti nilai rata-rata hasil evaluasi pra siklus 60 dengan prosentase ketuntasan 34,61%. Pada siklus I nilai rata menjadi 74,62 dengan prosentase ketuntasan 74,62%. Pada siklus II meningkat rata-rata menjadi 84,62 dengan prosentase ketuntasan 88,46%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis cerita melalui Pendekatan Pembelajaran Kontesktual pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bumirejo dapat meningkatkan hasil belajar . Kata Kunci: Hasil Belajar . Pembelajaran Kontekstual.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:44
Last Modified: 22 Oct 2018 08:44
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item