PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PODOLUHUR KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pristiwajuni, Sari Endah and Halim, Abdul and Sutrischastini, Ary (2016) PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PODOLUHUR KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402754 SARI ENDAH PRISTIWAJUNI.pdf

Download (495kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Make a match yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 1 Podoluhur tahun ajaran 2016/2017. Simpulan penelitian ini adalah: Penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan pembelajaran PKn terutama untuk menggali dan mendalami materi pelajaran yang telah dibahas sebelumnya dengan mengoptimalkan partisipasi semua siswa tanpa terkecuali pada kegiatan pembelajarannya melalui langkah-langkah berikut: 1) Guru mempersiapkan kartu jawaban dan kartu pertanyaan; 2) Guru membagi siswa menjadi kelompok pertanyaan, kelompok jawaban dan kelompok penilai; 3) Guru membagikan kartu kepada kelompok pertanyaan dan kelompok jawaban; 4) Siswa mencari pasangan; 5) Siswa melaporkan hasil kepada kelompok penilai; 6) Guru mengatur pergantian posisi; 7) Siswa kembali mencari pasangan; 8) Kelompok penilai memberikan penilaian; dan 9) Guru dan siswa diskusi dan pengambilan keputusan. Kata kunci: make a match, pembelajaran, PKn

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:47
Last Modified: 22 Oct 2018 08:47
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item