PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Supartini, Supartini and Lantara, I Wayan Nuka and Zuraida, Lukia (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402765 SUPARTINI.pdf

Download (525kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas VI Semester 2 SDN karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah. Jika dilihat dari hasil sebelumnya pada tahun pelajaran 2014/2015. Keaktifan belajar siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 untuk materi Gaya dan Gerak 57,10%, materi Perpindahan Energi 57,10%, materi Hemat Energi 57,10%, dan materi Gerhana Matahari dan bulan sebesar 71,40%. Sedangkan untuk hasil belajar sebelumnya, yaitu tahun pelajaran 2014/2015 untuk materi Gaya dan Gerak 57,10%, materi Perpindahan Energi 57,10%, materi Hemat Energi 57,10%, dan materi Gerhana Matahari dan Bulan sebesar 64,30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari tahun sebelumnya hasilnya mayoritas belum di atas 70%. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatnya keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas VI semester 2 SDN karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan studi dokumentasi tentang keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas VI Semester 2 SDN karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 17.00. Untuk pengolahan datanya dengan Paired Simples Test. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keaktifan dan hasil belajar yang rendah karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajarnya masih rendah. Rekomendasi yang diberikan adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas VI semester 2 SDN karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci : Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 22 Oct 2018 09:05
Last Modified: 22 Oct 2018 09:05
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item