UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI MENGGUNAKAN KARYA TEKNOLOGI SEDERHANA ANGLIR ALIS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI JOGOSIMO

Taslan, Taslan and Halim, Abdul and Sutrischastini, Ary (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI MENGGUNAKAN KARYA TEKNOLOGI SEDERHANA ANGLIR ALIS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI JOGOSIMO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402774 TASLAN.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi empirik tentang peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam padamateri Perubahan Energi melalui pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan alat peraga Anglir Alis pada siswa kelas VI B tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri Jogosimo Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas ( Action Research ) terhadap pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi perubahan energi melalui pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan alat peraga Anglir Alis pada siswa kelas VI B tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri Jogosimo Tindakan tersebut dilakukan dengan maksud meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Humberman dengan langkah-langkah :(1) pengumpulan dan telaah data, (2) deskripsi komperatif, (3) penyajian data dan (4) verifikasi menarik kesimpulan. Temuan penting dalam penelitian ini bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan alat peraga Anglir Alis pada siswa kelas VI B tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri Jogosimo 1) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran (2) Meningkatkan kerja sama untuk memecahkan suatu persoalan dan (3) Meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan guru sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B SD Negeri Jogosimo tahun pelajaran 2016/2017. Terbukti pada studi awal ke siklus I nilai rata-rata naik 4,65 dengan tingkat ketuntasan mencapai 50%. Dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata naik 6,52 dengan tingkat ketuntasan70% dan siklus II ke siklus III nilai rata-rata naik 9,57 dengan tingkat ketuntasan mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 23 Oct 2018 06:23
Last Modified: 23 Oct 2018 06:23
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item