PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN(PKn) SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2016

Wahyuningsih, Tri and Lantara, I Wayan Nuka and Wibowo, Amin (2016) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN(PKn) SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402728 TRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (449kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn tentang keputusan bersama melalui model pembelajaran role playing siswa kelas V SDN 3 Tersobo. Model pembelajaran role playing dipilih dapat menjadi sarana penyaluran pelepasan ketegangan dan perasaan-perasaan pembentukan konsep secara mandiri pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa mampu memahami materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pengamatan (observasi), wawancara, tes tertulis. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan pada peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn tentang keputusan bersama. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Data tentang prestasi belajar studi awal 59,33 ketuntasan belajar (38,10%) siklus I (67,19) ketuntasan belajar (71,43%), siklus II (77,28), ketuntasan belajar (90,48%), disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih terangsang untuk belajar Pendidikan Kewarganegaraan sehingga manfaatnya benar-benar meningkatkan hasil belajar anak. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Role Playing, PKn

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 23 Oct 2018 06:33
Last Modified: 23 Oct 2018 06:33
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item