PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD N KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015/2016

Yunarni, Yunarni and Lantara, I Wayan Nuka and Zuraida, Lukia (2016) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD N KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142402773 YUNARNI.pdf

Download (736kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki fungsi yang fundamental dalam menimbulkan serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka IPS perlu diajarkan secara tepat dan melibatkan siswa secara aktif yaitu melalui proses dan sikap ilmiah. Kreatifitas guru dalam mengembangkan dan memanfaatkan semaksimal mungkin berbagai media akan sangat membantu siswa dalam memahai materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SD Negeri Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Penerapan penelitian tindakan di dalam kelas diharapkan mampu mendorong guru memiliki kesadaran diri, melakukan refleksi dan kritik dari aktifitas pembelajaran yang diselenggarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Penggunaan media benda konkret dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun 2015/2016. Hal ini terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari aspek unjuk kerja dalam kelompok pada Data Awal 33,33% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,67%, sedangakan pada siklus III mencapai 100%. Pada aspek antusias dalam pencarian informasi pada Data Awal 26,67% meningkat menjadi 53,33% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 66,67% pada siklusII, dan meningkat lagi menjadi 93% pada siklus III. Pada aspek respon terhadap penjelasan/pertanyaan guru data Data Awal 40%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,67%, sedangkan pada siklus II mencapai 80% dan meningkat mencapai 100% pada siklus III. Penggunaan media benda konkret dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS semester 2 pada siswa kelas IV SD Negeri Karangsari Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari pencapaian hasil belajar tiap-tiap siklus. Nilai rata-rata pada Data Awal 60,67, pada siklus I mencapai 71,33, pada siklus II mencapai 82,67, dan pada siklus III mencapai 91,33. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media benda konkret terhadap motivasi dan hasil belajar IPS semester 2 pada siswa kelas IV SD Negeri Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil analisis olah data program SPSS dari perbandingan ketuntasan Data Awal dan siklus I hasilnya 0,164 < 0,05 artinya signifikan, perbandingan ketuntasan pada Data Awal dengan siklus II hasilnya 0,041 < 0,05 artinya signifikan, perbandingan ketuntasan pada Data Awal dengan siklus III hasilnya 0,001 < 0,05 artinya signifikan. Kata kunci: media benda konkret, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 23 Oct 2018 06:48
Last Modified: 23 Oct 2018 06:48
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item