PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASARSENEN AMBAL KEBUMEN TAHUN 2018

Fatkhurrohman, Fatkhurrohman and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASARSENEN AMBAL KEBUMEN TAHUN 2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161503249 FATKHURROHMAN.pdf

Download (412kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018”. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018? (2) Apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini mempunyai beberapa tujuan; (1) Mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018. (2) Meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018 dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model penelitian tindakan kelas (PTK) ini memiliki empat tahapan pada setiap siklus, yaitu (1) Perencanaan (plan), (2) Pelaksanaan tindakan (act), (3) Pengamatan (observe), (4) Refleksi (reflect). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen pada mata pelajaran matematika tentang bangun datar dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V semester I tahun 2018, diperoleh kesimpulan sebagai berikut; (1) Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 44,83%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,07% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 82,76%. Peningkatan tersebut telah melampui target indikator keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80%. (2) Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 52,41, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,45 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,34. Peningkatan tersebut telah melampui target indikator keberhasilan penelitian yaitu rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dan KKM 60. Kata kunci: matematika, media audio visual, hasil belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:19
Last Modified: 28 Mar 2019 03:19
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item