EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 ABEAN KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Laksmi, Diana Sita and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 ABEAN KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162103303 DIANA SITA LAKSMI.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 SD Negeri 3 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2017/2018 dengan aturan Kemendikbud dalam prinsip-prinsip pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I,II,IV, dan V yang telah melaksanakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dengan model analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen, setelah adanya berbagai tindakan dalam pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran kurikulum 2013 yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut dalam pembelajaran kurikulum 2013 disimpulkan bahwa hampir semua langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik tetapi belum seluruhnya sesuai dengan Permendikbud nomor 81A tahun 2013 tentang proses kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 dinyatakan sebagai berikut: Hasil observasi perencanaan pembelajaran pada awal penelitian secara keseluruhan sudah cukup baik dengan rata – rata 2,68 atau 67%, dan pada saat penelitian secara keseluruhan sudah baik dengan rata – rata 3,2 atau 89,75% dari indikator pencapaian yang dijabarkan dalam Permendikbud nomor 81A tahun 2013. Indikator yang belum sesuai antara lain identitas RPP belum lengkap, penentuan indikator dan pengembangan materi dalam RPP,Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada awal penelitian secara keseluruhan sudah baik dengan rata – rata 2,77 atau persentase 68,50% dan pada saat penelitian secara keseluruhan sudah baik dengan rata – rata 3,55 atau 88,75% dari indikator pencapaian yang dijabarkan dalam Permendikbud nomor 81A tahun 2013. Indikator yang belum guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, belum melakukan penilaian autentik.Hasil observasi terhadap Aktivitas Siwa dalam Proses Pembelajaran pada awal penelitian secara keseluruhan sudah cukup baik dengan rata – rata 2,68 atau 67% dan pada saat penelitian secara keseluruhan mencapai hasil rata – rata 3,49 atau 87,31% dari indikator pencapaian yang dijabarkan dalam Permendikbud nomor 81A tahun 2013. Indikator yang belum sesuai siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:28
Last Modified: 28 Mar 2019 03:29
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item