Mulyani, Ani Kusti and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IX A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA BAGELEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
161503287 ANI KUSTI MULYANI.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Judul tesis “Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Penerapan Model Make a Match pada Siswa Kelas IX A SMP PGRI Bagelen Purworejo Tahun 2018” Tesis ini berupa penelitian tindakan kelas. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS dengan model pembelajaran make a match. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada akhir bulan Juli 2018 sampai dengan pertengahan September 2018. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa, sedangkan obyek penelitian penerapan model Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berasal dari hasil observasi, dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif berasal dari nilai pre-test dan post test dari siklus pertama,dan siklus kedua Dari analisa data kualitatif penggunaan model make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan analisa data kuantitatif persentase peningkatan hasil pre-test adalah 13,1 % dan persentase peningkatan post-test adalah 15,24%. 40 % siswa mendapat skor sama dengan standar KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70 dan 60 % siswa mendapat skor lebih dari standar KKM. Kata Kunci: Make A Match Model, Motivasi, Prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:14 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 04:14 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/677 |
Actions (login required)
View Item |