EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

Supratikno, Muhammad Agus and Suprihanto, John and Mathori, Muhammad (2018) EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161103156 MUHAMMAD AGUS SUPRATIKNO.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gondokusuman secara umum telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), PATEN di Kantor Kecamatan Gondokusuman dirasa masih kurang optimal dikarenakan ada beberapa kendala antara lain keterlambatan pengiriman blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gondokusuman yang baik dan benar tidak terlepas dari pelaksana teknis (Sumber Daya Manusia) PATEN, sehingga diharapkan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Gondokusuman dapat mendukung pelaksanaan PATEN agar dapat berjalan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku dan sesuai dengan harapan masyarakat sebagai penerima pelayanan publik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta dengan indikator: kemampuan organisasi dalam menyelesaikan pekerjaan, kualitas pekerjaan yang dihasilkan organisasi, responsibilitas serta disiplin kerja dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan metode teknik Purposive Sampling, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan tentang keadaan tertentu secara obyektif yang didukung dengan data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan keterlibatan dengan obyek penelitian kemudian dibantu dengan metode rata-rata untuk menganalisa data yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta dalam kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dilihat dari indikator Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas sudah berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), meskipun begitu masih perlu dilakukan peningkatan kinerja pegawai. Upaya yang dapat dilakukan adalah peningkatan kualitas perilaku dan profesionalisme pegawai di Kantor Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta yang merupakan salah satu strategi dalam menciptakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang baik kepada masyarakat sebagai penerima pelayanan publik tersebut. Kata kunci : Evaluasi Kinerja, Kecamatan Gondokusuman dan Deskriftif Kualitatif

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:26
Last Modified: 28 Mar 2019 04:26
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item