PENGARUH FAKTOR – FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA KULIAH DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN (STTKD) YOGYAKARTA

Awan, Awan and Sutikno, Bayu and Akhmad, Jazuli (2018) PENGARUH FAKTOR – FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA KULIAH DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN (STTKD) YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162103352 AWAN.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Daya tampung di Perguruan Tinggi Negeri yang terbatas membuat perguruan tinggi swasta memiliki peluang yang sama untuk dipilih calon mahasiswa yang tidak tertampung di Perguruan Tinggi Negeri dalam melanjutkan studinya. Kemampuan untuk memperoleh banyaknya mahasiswa tergantung dari penyampaian informasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bersangkutan, melalui strategi pemasaran jasa yang diterapkan oleh Perguruan Tinggi Swasta. Hal tersebut berlaku juga bagi STTKD Yogyakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pengaruh faktor bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa kuliah di Sekolah TinggiTeknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisi pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa memlilih Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta dan (2) untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan terhadap keputusan mahasiswa. Teori yang digunakan yaitu teori Manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan Perilaku Konsumen. Teknik pengumpulan data primer dengan kuesioner, didukung dengan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus yang didukung dengan survey, sifat penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 15 dengan analisa deskriptif kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji determinasi (R2) adalah sebesar 0,450. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 45% terhadap keputusan mahasiswa memilih Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, sementara sisanya 55 % dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lain yang tidakditeliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang terdiri dari place, promotion, people dan physical evidence belum berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Adapun variabel peoduct, price dan process berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STTKD Yogyakarta, akan tetap variabel price bertanda negatif terhadap keputusan mahasiswa memilih STTKD Yogyakarta. Kata kunci: bauran pemasaran jasa, keputusan mahasiswa

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:03
Last Modified: 28 Mar 2019 07:03
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item