ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK TRAKTOR MEREK YANMAR TAHUN 2018 (Studi Kasus : Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)

Kurniawan, Romy and Sutikno, Bayu and Akhmad, Jazuli (2018) ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK TRAKTOR MEREK YANMAR TAHUN 2018 (Studi Kasus : Kabupaten Klaten, Jawa Tengah). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162103358 ROMY KURNIAWAN.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menganalisis karakteristik petani pengguna traktor tangan merek Yanmar, 2). sikap dan kepuasan petani terhadap atribut-atribut traktor merek Yanmar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2018 di Kecamatan Jatinom, Karangnongko, Karangdowo, Cawas dan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Metode penentuan sampel dilakukan dengan Judgment sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan petani yang pernah menggunakan atau membeli traktor tangan merek Yanmar Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis gambaran umum lokasi dan mengetahui karakteristik responden. Analisis kualitatif yaitu dengan analisis kepentingan petani terhadap atribut traktor tangan merek Yanmar, analisis persepsi dan untuk membantu menggambarkan kinerja traktor tangan merek Yanmar menggunakan perceptual mapping, sedangkan untuk mengetahui kepuasan dilakukan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Karakteristik petani responden tertinggi adalah rentang usia 46 -55 tahun, tingkat pendidikan lulusan SMP dan kepemilikan traktor selama 11 - 15 tahun. xiii Pendidikan yang cukup mempengaruhi cara pandang petani dan sikap pada saat menggunakan traktor tangan pertama kali dimana lebih mudah dalam penerimaan traktor tangan dan hal tersebut sangat mempengaruhi proses pembelian. Usia yang sudah tua mengakibatkan konsumen akan lebih banyak berpikir sebelum melakukan pembelian atau penyewaan, usia juga akan mempengaruhi sikap terhadap satu produk akibat pengaruh pengetahuan dan pengalaman selama usianya. Lama pemakaian traktor tangan menunjukan seberapa lama petani berinteraksi secara langsung terhadap produk. Lamanya penggunaan akan mengarah kepada pembentukan sikap yang dirasa secara langsung dan mengarah kepada pasca pembelian yaitu puas atau tidak puas dengan menggunakan traktor tangan. Sikap dan Kepuasan petani responden terhadap atribut traktor tangan merek Yanmar dikaji menggunakan analisis persepsi dengan Perceptual Map dan Customer satisfaction Index. Hasil dari analisis Perceptual Map menunjukan Atribut unggulan yang dimiliki Yanmar adalah Merek, Daya Tahan Rangka, Tenaga Mesin, Kemudahan Diperbaiki dan Hemat Bahan Bakar. Atribut keandalan dipersepsikan cukup andal. Atribut yang dipersepsikan kurang baik adalah ketebalan mata bajak, harga suku cadang dan harga traktor tangan. Atribut keandalan dipengaruhi oleh ukuran, ketebalan mata bajak, daya tahan, tenaga mesin dan hemat bahan bakar. Atribut keandalan bisa ditingkatkan bila atribut ukuran dan ketebalan mata bajak dapat ditingkatkan. Tingkat kepuasan petani berada pada indek 0,64 yang artinya Responden Yanmar merasakan cukup puas terhadap kinerja atribut-atribut traktor tangan yang dihasilkan oleh merek Yanmar, namun nilai tersebut masih mengindikasikan ketidakpuasan sebesar 36 persen. Kata kunci :sikap dan kepuasan konsumen, atribut produk, traktor merek yanmar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:12
Last Modified: 28 Mar 2019 07:12
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item