STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN PURWOREJO

Nurhanifah, Indriani and Suud, Muhammad and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2018) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN PURWOREJO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161503282 INDRIANI NURHANIFAH.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting yang dimiliki setiap perusahaan atau organisasi, karena setiap aktivitas dan kegiatannya melibatkan SDM. Akan tetapi kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki SDM pada dasarnya terbatas sehingga diperlukan konsep strategi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Setiap perusahaan atau organisasi pasti menggunakan strategi yang berbeda-beda. Strategi bertujuan untuk melaksanakan program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan perusahaan dan tentunya mengharapkan akan tercapainya produktivitas yang setinggi tingginya. Peran strategi sumber daya manusia menekankan bahwa orang-orang di dalam organisasi adalah sumber daya yang paling penting dan juga investasi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan focus group discussion (FGD). Data yang diperoleh di olah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskriptif atau narasi. Subjek penelitian ini yaitu Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Purworejo, sedangkan objek penelitian ini adalah Setrategi Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi yang akan diambil dalam upaya peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, yaitu dengan diadakan pelatihan, diklat, ataupun bintek kepada pegawai sesuai dengan tupoksi, perbaikan suasana organisasi, melakukan studi banding ke Sekretariat DPRD kabupaten atau Kota lain yang lebih maju, monitoring dan evaluasi berkala pimpinan terhadap kinerja pegawai, pemberian reward dan punishment pada pegawai terkait kinerja, meningkatkan pola komunikasi yang efektif dan hubungan kerja yang harmonis, sehingga menghasilkan dampak positif pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:45
Last Modified: 28 Mar 2019 08:21
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item