Sarwono, Aldi Wisnumurti and Lestari, Fitri Puji (2018) PENERAPAN TASK-BASED LANGUAGE TEACHING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS PEMANDU WISATA GOA PINDUL, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2018 : Membangun Green Entrepreneur Solusi Bonus Demografi Indonesia. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 160-173. ISBN 978-602-51174-1-1
|
Text
160-173 Aldi Wisnumurti Sarwono & Fitri Puji Lestari.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh pemandu wisata Goa Pindul di Desa Wisata Bejiharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Terlebih jika kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berwisata susur goa di atas aliran sungai bawah tanah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Data dari Kelompok Sadar Wisata Desa Bejiharjo menunjukkan kenaikan drastis jumlah kunjungan dari 891 wisman di tahun 2012, menjadi 7,493 wisman di tahun 2016. Observasi awal mengidentifikasi bahwa masih ada pemandu wisata Goa Pindul yang mengalami kendala berkomunikasi aktif dalam Bahasa Inggris saat memandu wisman yang sedang berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain silabus dan materi ajar Bahasa Inggris berbasis tugas (Task-Based Materials), mengaplikasikannya di dalam kelas sampel yang diikuti oleh 6 orang pemandu wisata Goa Pindul melalui metode pengajaran Task-Based Language Teaching, serta mengevaluasi sejauh mana materi ajar tersebut mampu untuk meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris peserta pelatihan. Ada empat tahap di dalam penelitian tindakan (action research) ini, yaitu: 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap tindakan (action), 3) tahap observasi dan evaluasi dan 4) tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pemandu wisata Goa Pindul berdasarkan Standard Operating Procedures (SOP) yang ada telah terjadi peningkatan kompetensi dalam berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris sesuai dengan standar kompetensi yang ada. Peningkatan kemampuan tersebut dicapai setelah peserta pelatihan mengulang sebanyak dua hingga empat kali. Namun, secara umum peningkatan kompetensi Bahasa Inggris tersebut masih pada tingkat operasional dasar. Kata kunci: Task-Based Material, Task-Based Language Teaching, kompetensi, Bahasa Inggris, pemandu wisata goa
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 10 May 2019 01:48 |
Last Modified: | 10 May 2019 01:48 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
View Item |