PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rama, Diah Mustika and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103524 DIAH MUSTIKA RAMA 1-3.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
171103524 DIAH MUSTIKA RAMA 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, soal tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar aspek pengetahuan, lembar penilaian untuk mengukur hasil belajar aspek keterampilan dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keaktifan siswa pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase mencapai 78,85% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 88,46% dan dikategorikan baik sekali. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aspek pengetahuan sebesar 19,36% dengan persentase siklus I sebesar 70,96% dan siklus II sebesar 90,32% dan aspek keterampilan sebesar 22,57% dengan persentase siklus I sebesar 70,97% dan siklus II sebesar 93,54%. Peningkatan hasil belajar ini dikategorikan dari baik menjadi baik sekali. Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar dan Pembelajaran TAI

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:23
Last Modified: 13 Aug 2019 07:23
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item