ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019

Roekmono, Endy and Suprihanto, John and Widiastuti, Nur (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103454 ENDY ROEKMONO 1-3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
171103454 ENDY ROEKMONO 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Menganalisis penyebab ketidakpuasan menurut persepsi pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 3) Menghitung nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 4) Membandingkan nilai hitung Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai IKM standar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Ditinjau dari segi waktu, penelitian yang dilakukan termasuk desain penelitian cross sectional karena data diperoleh dalam waktu yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan hasil bahwa 1) Ketidakpuasan pasien di pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar meliputi unsur pelayanan berkaitan dengan kecepatan waktu dalam pelayanan, perilaku petugas (kesopanan dan keramahan), kualitas sarana dan prasarana, penanganan pengaduan pengguna layanan, kesesuaian produk layanan, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan. 2) Ketidakpusan yang dirasakan pasien disebabkan kurang cepatnya penanganan pada keluhan pasien, kurang ramahnya sikap petugas, ketidakcukupan sarana yang ada, penanganan pengaduan yang lama dan tidak di informasikan ke pelanggan, ketidaksesuaian produk layanan dan kecakapan atau kemampuan petugas kurang. 3) Nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian sebesar (73,83), dibandingkan dengan nilai standar masuk dalam interval konversi (65.00 – 76.60) yang berarti mutu pelayanannya C, kinerja pelayanannya Kurang Baik. Saran untuk pelayanan rawat inap di UPT Puskesmas Kedungalar Kabupaten Ngawi dari hasil penelitian adalah: 1) Peningkatan komitmen petugas terhadap pemenuhan janji pelayanan yang telah disepakati yang tertuang dalam Pedoman Manual Mutu UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Pengadaan alat perekam jantung atau EKG, alat pemeriksaan darah (Fotometer dan Hematology Analyser), dan pembuatan sumur bor baru, 3) Menyampaikan hasil umpan balik kepada pasien secara periodik melalui penyampaian langsung atau melalui papan umpan balik, 4) Peningkatan kompetensi petugas melalui uji kompetensi, diklat, workshop, seminar dll. Kata kunci : unsur – unsur pelayanan, nilai IKM, hasil, upaya

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:26
Last Modified: 24 Mar 2021 05:47
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item