EVALUASI KINERJA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSKESMAS MANTINGAN KABUPATEN NGAWI DENGAN BALANCE SCORECARD TAHUN 2015-2017

Riza, Muhammad El and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2019) EVALUASI KINERJA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSKESMAS MANTINGAN KABUPATEN NGAWI DENGAN BALANCE SCORECARD TAHUN 2015-2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103434 MUHAMMAD EL RIZA 1-3.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
171103434 MUHAMMAD EL RIZA 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Puskesmas Mantingan merupakan salah satu Puskesmas yang berada di Kabupaten Ngawi Jawa Timur dengan tugasnya menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP)., Setelah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah Puskesmas Mantingan harus terus meningkatkan kinerja dan perbaikan mutu untuk memberikan hasil keluaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi kinerja Puskesmas dengan metode balanced scorecard serta memberikan usulan perbaikan bagi Puskesmas setelah dilakukan pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard. Pengukuran kinerja dengan balance scorecard menggunakan empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripfif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data sekunder serta wawancara untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis terhadap empat perspektif balanced scorecard, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kinerja yang dapat digunakan untuk menilai perspektif keuangan adalah value for money yang mengukur tingkat ekonomis, tingkat efisiensi dan tingkat efektifitas. Indikator kinerja untuk perspektif pelanggan adalah jumlah kunjungan dan perbandingan kunjungan baru dan lama. Indikator kinerja proses bisnis internal capaian cakupan Standar Pelayanan Minimal pada UKM dan nilai BOR, BTO, LOS, TOI untuk UKP. Sedangkan untuk perspektif pembelajaran dan pengembangan, indikator yang digunakan adalah jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan dan alokasi dana yang dianggarkan untuk pengembangan sumber daya manusia. Hasil pengukuran kinerja Puskesmas Mantingan adalah cukup baik secara keseluruhan. Untuk meningkatkan hasil kinerjanya, Puskesmas Mantingan harus meningkatkan kinerjanya dengan membuat inovasi pelayanan yang dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kompetensi petugas dengan pelatihan dan pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kata kunci : Evaluasi Kinerja, Balance Scorecard, Puskesmas

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 03:37
Last Modified: 15 Aug 2019 07:29
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item