UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Saidah, Nur and Suprihanto, John and Wikaningtyas, Suci Utami (2019) UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103595 NUR SAIDAH 1-3.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
171103595 NUR SAIDAH 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pengembangan pemasaran jasa pendidikan pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaranbelum optimal karena belum dapat memastikan keunggulannya dari kompetensi keahlian lain. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan upaya pengembangan jasa pendidikan belum optimal, menganalisis pengembangan yang sudah dilaksanakan dan upaya pengembangan jasa pendidikan Metode dan analisis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa kekurangpahaman orang tua tentang Kompetesi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, penunggakan biaya sekolah karena penyalahgunaan bantuan, lokasi SMK Negeri 1 Kebumen jauh dari jalan umum, kurang optimalnya promosi, guru kurang dapat menjadi contoh dan juga kurang meningkatkan (upgrade) kompetensimya, Business Center di Pasar Tumenggungan kurang memadai, pembelajaran Alfa dari personil Alfa kurang memberi materi dan kelas sales kurang praktek diret selling. Upaya pengembangan pemasaran jasa pendidikan pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran antara lain : mengikutkan lomba akademik maupun non akademik, mengadakan event, meningkatkan siswa yang berjualan online, membuat aturan pembayaran biaya sekolah, mengadakan fasilitas sekolah untuk trasnportasi siswa dari jalan umum sampai ke SMK Negeri 1 Kebumen, membuka web Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran ataupun bakti sosial, bermintra dengan Business Center ntuk menjadi suplayer dan meningkatkan kompetensi guru yang berupa diklat dan workshop, menyewa untuk sarana praktek lebih luas dan bertempat tinggal yang startegis dan juga membuat aplikasi transaksi penjualan yang dapat digunakan untuk pelaporan direct selling, berkoordinasi dengan pihak Alfa untuk memaksimalkan pembelajaran alfamart dan dan pembuatan jadwal untuk memaksimalkan kegiatan direct selling. Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran lebih meningkatkan lagi dalam melakukan pengembangan pemasaran agar masyarakat semakin tertarik dalam menyekolahkan anaknya ke Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Kebumen, selalu melakukan inovasi program pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan DUDI, harus selalu menjaga komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak baik pihak intern maupun ekstern, sehingga program Kompetensi Keahlian Bisnis dapat dikomunikasikan secara baik antar pihak Kata kunci : Upaya, pengembangan, pemasaran,jasa, pendidikan

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Keuangan Publik
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 04:08
Last Modified: 14 Aug 2019 04:08
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item