ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG

Riyanto, Riyanto and Suud, Muhammad and Sutrischastini, Ary (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103535 RIYANTO 1-3.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
171103535 RIYANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Permasalahan yang tampak dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih rendah pada siswa kelas IX-D SMP Remaja Parakan semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis implementasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX-D SMP Remaja Parakan Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Waktu penelitian bulan September sampai Oktober 2018. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan tes. Prosedur penelitian mulai dari perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data dengan cara hasil belajar IPS dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai tes awal dengan siklus I, Siklus I dengan Siklus II dan tes awal dengan Siklus II dengan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya, kemudian diadakan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Pada kondisi awal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw diperoleh nilai tertinggi 85, nilai terendah 50 dan rata-rata 71 sedangkan ketuntasan ideal yang diharapkan baru mencapai 69 %, setelah menggunakan model pembelajaran type Jigsaw hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 60, dan rata-rata 78, sedangkan ketuntasan ideal yang diharapkan mencapai 81%, dan pada siklus 2 diperoleh nilai tertinggi 97,50 nilai terendah 70 dan nilai rata-rata 83, sedangkan ketuntasan ideal yang diharapkan sudah mencapai 94 %. Guru harus memperhatikan karakteristik siswa karena siswa yang aktif akan lebih mendominasi diskusi dan cenderung mengontrol jalannya diskusi. Guru harus menekankan agar para anggota kelompok menyimak terlebih dahulu penjelasan dari tenaga ahli. Kata Kunci : Model, Jigsaw, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 06:33
Last Modified: 10 Jun 2020 06:04
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item