UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM MATERI LIMIT FUNGSI DI KELAS XI MIPA 5 SMAN 1 TEMANGGUNG TAHUN 2018/2019

Sartinah, Sartinah and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM MATERI LIMIT FUNGSI DI KELAS XI MIPA 5 SMAN 1 TEMANGGUNG TAHUN 2018/2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103525 SARTINAH 1-3.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
171103525 SARTINAH 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan limit fungsi kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode interview, dokumentasi, tes, dan observasi. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tigatahapan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar peserta didik diperoleh dari evaluasi sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan ref leksi. Hasil pengamatan dan ref leksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan si klus berikutnya. Sehi ngga proses dan hasi l pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra si klus diperoleh rata-rata keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 68,95%, 69,94 dan 56,25%. Setelah dilakukan si klus I peserta didik yang tuntas belajar dengan KKM 70 sebanyak 18 peserta didik atau 56,25% dan yang tidak tuntas sebanyak 14 peserta didik atau 43,75%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 71,72 dan ketuntasan 71,88%, serta rata-rata keaktifan peserta belajar didik 73,91%. Dapat dilihat bahwa pelaksanaan siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai dengan indikator yaitu keberhasilan belajar individu peserta didik apabila mendapatkan nilai tuntas KKM 70, dan keberhasilan sebesar 85% dari jumlah peserta didik. Pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 23 peserta didik atau 71,88% dan yang tidak tuntas belajar sebanyak 9 peserta didik atau 28,12%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 74,09 dan ketuntasan 87,50%, serta rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 83,03%. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya dengan indikator keberhasilan sudah terpenuhi. Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Temanggung kelas XI MIPA 5 tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok limit fungsi. Kata Kunci: Keaktifan, limit fungsi dan Trade a Problem

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 06:55
Last Modified: 14 Aug 2019 06:55
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item