PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PRAKTIK AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Chamidah, Siti and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PRAKTIK AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103612 SITI CHAMIDAH 1-3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
171103612 SITI CHAMIDAH 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui metoda pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan praktik akuntansi. Hal ini berlatar belakang dari keaktifan belajar yang masih rendah serta nilai ulangan akuntansi kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Kebumen masih banyak yang belum memenuhi KKM. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Kebumen Tahun pelajaran 2018-2019 sejumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah dengan test tertulis dan praktik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik pengumpulan data primer diperoleh dari lembar observasi tentang siswa dan pembelajaran selama proses tindakan kelas. Sedangkan teknik pengumpulan data skunder diperoleh dari hasil penilaian siswa pra siklus, siklus I dan siklus II.Teknik analisis data yaitu dengan teknik analisis deskriptif dengan menentukan aspek-aspek yang akan dianalisis untuk menghitung ketuntasan individual, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian menunjukanbahwa penerapan metoda inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar dan ketrampilan praktik. Sebelum dilakukan tindakan (kondisi awal) keaktifan belajar tergolong kategori cukup dengan rerata 58% meningkat menjadi 67% yang tergolong kategori sedang pada siklus I dan menjadi 82% pada siklus II yang tergolong kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar kondisi awal tergolong kategori rendah dengan rerata nilai 73 meningkat menjadi 77 pada siklus I dan menjadi 80 pada siklus II. Kata Kunci : keaktifan belajar, ketrampilan praktik, inkuiri

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 07:10
Last Modified: 14 Aug 2019 07:10
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item