USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Haryati, Siti and Halim, Abdul and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103392 SITI HARYATI 1-3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
171103392 SITI HARYATI 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kompetensi Keadaan Alam di Indonesia melalui model pembelajaran Discovery bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Selopampang kabupaten Temanggung semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran yang dilakukan guru masih ceramah dan monoton sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Prosedur penelitian menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu terdiri dari 4 tahapan : 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan Tindakan (Hasil Belajar dan Proses Belajar), 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu: Tes: bentuk tes tertulis, Non tes: Pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Discovery. Hasil belajar pada Kondisi Awal diperoleh 16 siswa (62% ) tuntas dan siswa yang belum tuntas terdapat 10 siswa ( 38% ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68 yang termasuk kategori kurang dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 50. Pada siklus I diperoleh 21 siswa (81%) tuntas dengan nilai cukup 10 siswa (38,46%) dan 9 siswa (34,62%) dengan nilai baik dan 7 siswa (26,92%) belum tuntas dengan rata-rata 77 dan setelah diadakan siklus II mengalami peningkatan siswa yang mendapat nilai sangat baik 1 siswa (3,85%) dan siswa yang mendapat nilai baik 10 siswa (38,46%) dengan demikian 23 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa (11,54%) dengan rata-rata 81. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 07:15
Last Modified: 14 Aug 2019 07:15
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item