PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI ANIMALIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Setyanto, Slamet and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI ANIMALIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103396 SLAMET SETYANTO 1-3.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
171103396 SLAMET SETYANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Hasil belajar Biologi materi animalia siswa SMA Negeri 1 Temanggung masih tergolong rendah dengan daya serap 58 dan ketuntasan ideal pembelajaran 53%. Keadaan ini membutuhkan penanganan secara baik dan intensif, melalui pemilihan model yang tepat agar siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pada penelitian ini dipilih penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pertimbangan sesuai dengan materi animalia.Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi materi animalia pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian yaitu siswa Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung yang berjumlah 32 siswa; laki-laki = 14 siswa, perempuan = 18 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dua cara yaitu (1) Tes untuk mengambil data hasil belajar materi animalia, dan (2) Non tes, yakni (a) Observasi untuk mengambil data kegiatan guru dan siswa saat KBM, dan (b) dokumentasi untuk mengambil data nama siswa dan nilai UH sebelumnya. Sedangkan analisis data yaitu (1) data tes dengan membandingkan daya serap dan ketuntasan ideal pembelajaran pada siklus II, siklus I, serta sebelum siklus; dan (2) data Non tes dengan membandingkan rekaman hasil observasi guru kolaborator sebagai hasil refleksi. Hasil penelitian untuk siklus I diperoleh daya serap sebesar 73,91 dengan ketuntasan ideal pembelajaran 68,75 %. Hasil ini belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian, sehingga dilaksanakan siklus II. Siklus II hasil yang diperoleh daya serap sebesar 84,38 dengan ketuntasan ideal pembelajaran 93,75%. Hasil ini sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, sehingga siklus tidak dilanjutkan. Simpulan penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi materi animalia pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/ 2019. Hal ini ditandai dengan peningkatan daya serap dan ketuntasan ideal pembelajaran. Kata Kunci : Hasil belajar, Materi Animalia, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 07:23
Last Modified: 14 Aug 2019 07:23
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item