Wulandari, Syahfitri and Qadri, Zainal Mustafa El and Wibowo, Amin (2019) PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIATOR PADA RUMAH MAKAN GULAI KEPALA IKAN BANK JO YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
162103299 SYAHFITRI WULANDARI 1-3.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
162103299 SYAHFITRI WULANDARI 4-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi baik kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai mediator pada karyawan Rumah Makan Gule Kepala Ikan Bank Jo Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Rumah Makan Gule Kepala Ikan Bank Jo yang telah melewati masa kerja selama 1 tahun. Dengan jumlah populasi yang hanya 90 orang maka seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian (penelitian sensus). Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable motivasi (Y1) memediasi hubungan antara variable kompensasi langsung (X1) terhadap variable kinerja karyawan (Y2) yang dibuktikan dengan pengaruh tidak langsung variable kompensasi langsung (X1) terhadap kinerja karyawan (Y2) melalui variable motivasi (Y1) dengan nilai sebesar 0,252 lebih besar dibandingkan antara pengaruh langsung variable kompensasi langsung (X1) terhadap kinerja karyawan (Y2) dengan nilai 0,243. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variable motivasi (Y1) memediasi hubungan antara variable kompensasi tidak langsung (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2) dibuktikan dengan pengaruh tidak langsung dari variable kompensasi tidak langsung (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2) melalui variable motivasi (Y1) dengan nilai 0,291 lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung variable kompensasi tidak langsung (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2) dengan nilai pengaruh 0,175. Dengan penjabaran hasil diatas diharapkan dapat digunakan oleh manajemen Rumah Makan Gule Kepala Ikan Bank Jo Yogyakarta sebagai dasar pengkajian system kompensasi agar dapat digunakan acuan dalam peningkatan kinerja karyawan. Kata kunci: Kompensasi Langsung, Kompensasi Tidak Langsung, Motivasi dan Kinerja Karyawan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 02:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 02:39 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/854 |
Actions (login required)
View Item |