Pengentasan Kemiskinan: Model Membangun Motivasi Menjadi Pengusaha Ramah Lingkungan (Green Entrepreneur)

Wikaningtyas, Suci Utami and Sulastiningsih, Sulastiningsih and Novitasari, Dwi (2019) Pengentasan Kemiskinan: Model Membangun Motivasi Menjadi Pengusaha Ramah Lingkungan (Green Entrepreneur). STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta. ISBN 978-602-51174-4-2

[img]
Preview
Text
3. Pengentasan Kemiskinan Model Membangun Motivasi Menjadi Pengusaha Ramah Lingkungan (Green Entrepreneur).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Rata-rata angka kemiskinan DIY lebih tinggi daripada rata-rata angka kemiskinan nasional. Salah satu cara untuk mengurangi angka kemiskinan adalah pemberdayaan pengusaha kecil. Langkah awal dalam pemberdayaan ini adalah membangun motivasi mengenai keberadaan pengusaha ramah lingkungan baik bagi UKM maupun masyarakat umum, karena hasil penelitian sebelumnya menunjukkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pengusaha ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menjadi pengusaha kecil ramah lingkungan dan menyusun model membangun motivasi menjadi pengusaha kecil ramah lingkungan. Populasi dalam penelitian adalah pengusaha kecil, teknik sampling adalah purposive sampling dengan 300 responden, dari 300 responden, yang memenuhi syarat untuk diolah adalah 240 pengusaha kecil. Kuesioner dengan menggunakan skala likert, untuk pengujian data digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menyusun model membangun motivasi menjadi pengusaha kecil ramah lingkungan (green entrepreneur) ini digunakan metode SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa semua variabel bebas tidak berpengaruh terhadap variabel terikat, kecuali insentif bagi pengusaha kecil ramah lingkungan dan peran ulama. Insentif bagi pengusaha kecil ramah lingkungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi menjadi pengusaha kecil ramah lingkungan. Sedangkan peran ulama berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi menjadi pengusaha kecil ramah lingkungan. Disamping itu, faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan ramah lingkungan bagi pengusaha kecil antara lain peran lembaga pendidikan, peran media, peran ulama dan peran pemerintah. Temuan dari penelitian ini adalah peran lembaga pendidikan dan peran ulama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan ramah lingkungan. Kata kunci: motivasi pengusaha kecil ramah lingkungan, peran media, peran lembaga pendidikan, peran ulama, insentif.

Item Type: Book
Subjects: B. Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:47
Last Modified: 20 Sep 2019 02:47
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item