PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Suginah, Suginah and Suprihanto, John and Sutrischastini, Ary (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903820 SUGINAH 1-3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
172903820 SUGINAH 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Pembelajaran yang kurang menarik dan teknik pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif menyebabkan rata-rata hasil belajar siswa rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dengan judul ”Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Teknik Jigsaw Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah, menganalisis mengapa faktor-faktor tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah, mengevaluasi implementasi metode ceramah dalam proses pembelajaran di SD Negeri 2 Jladri, menerapkan pembelajaran teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Kenampakan Alam Negara-negara Tetangga bagi kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri pada semester genap tahun 2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk kegiatan refleksi awal dan observasi untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan bulan Februari sampai April 2019 dengan dua siklus. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VI Sekolah dasar Negeri 2 Jladri dengan jumlah siswa 20 yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menunjukkan adanya ketuntasan hasil pada setiap siklusnya ,yakni dari pra silkus yang tuntas sebesar 25%,siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 90% serta peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 65,5% dan pada siklus II rata-rata sebesar 84,5% . Penerapan Cooperative Learning Teknik Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan dan hasil belajar IPS kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen semester genap tahun 2019. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), IPS, Jigsaw, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:55
Last Modified: 28 Oct 2019 06:55
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item