PENGARUH MEREK, HARGA, DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE (Studi pada Masyarakat Kelurahan Watusigar Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul)

Royani, Ula Rohmah and Suhartono, Suhartono (2018) PENGARUH MEREK, HARGA, DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE (Studi pada Masyarakat Kelurahan Watusigar Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
141114900 ULA ROHMAH ROYANI 5-4-18 UNGGAH.pdf

Download (463kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah merek, harga dan labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie pada masyarakat Kelurahan Watusigar. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden. Metode sampling menggunakan teknik purpossive sampling, yaitu tenik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni responden yang berdomisili di wilayah Kelurahan Watusigar yang sudah pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi produk mie instan merek Indomie. Pengumpulan data dari responden dilakukan dengan menggunakan kuesioner (daftar pernyataan). Pengujian yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikorelasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan alat analisis SPSS (Statistical Package for The Social Science) versi 17.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan label halal berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F dalam analisis data berhasil menunjukkan bahwa secara serempak (simultan) ketiga variabel bebas yaitu Merek (X1), Harga (X2), dan Labelisasi Halal (X3), secara signifikan berpengaruh positif terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Ditunjukkan dengan nilai F hitung (33,318) dan nilai signifikansi 0,000. Hasil pengujian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,495, yang menunjukkan bahwa variansi variabel bebas yaitu variabel merek (X1), variabel harga (X2), dan variabel label halal (X3) mampu menjelaskan variabel terikatnya yaitu variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 49,5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar (100% - 49,5%) = 50,5% dijelaskan oleh faktor lain selain variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Merek, Harga, Label Halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Keputusan Pembelian
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:21
Last Modified: 06 Apr 2018 04:21
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item