PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK KOSMETIK BRAND EMINA (Studi Kasus pada Konsumen Di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Wati, Wintya Ningrum Eka and Akhmad, Jazuli (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK KOSMETIK BRAND EMINA (Studi Kasus pada Konsumen Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (73kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) pengaruh variasi produk terhadap kepuasan pelanggan pada produk kosmetik brand Emina. Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada kosumen yang pernah menggunakan atau masih menggunakan produk Emina dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = -0,130 + 0,423X1 + 0,324X2 + 0,254X3. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini seluruhnya bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinieritas, bebas dari heteroskedastisitas dan residual terdistribusi normal. Urutan secara individu masing-masing variabel berpengaruh adalah variabel kualitas produk dengan koefisien regresi sebesar 0,423, diikuti variabel harga dengan regresi sebesar 0,324 dan yang terakhir variabel variasi produk dengan koefisien regresi sebesar 0,254. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 67,668 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari α 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Besarnya pengaruh variabel independen dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,669 yang artinya kualitas produk, harga, dan variasi produk memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 66,9%. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Variasi Produk, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:17
Last Modified: 08 Nov 2022 00:55
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item