PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP PADA ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Toko Komputer Studio Gadget di Yogyakarta)

Tiarohim, Nurohman Ih and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP PADA ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Toko Komputer Studio Gadget di Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (67kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran yaitu Produk, Harga, Promosi, dan Tempat tehadap Keputusan Pembelian pada toko komputer Studio Gadget. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang datang untuk membeli produk di toko komputer Studio Gadget. Variabel independen yang diteliti yaitu: Produk, Harga, Promosi, dan Tempat dengan variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, menggunakan pendekatan purposive sampling yaitu metode penarikan sampel dengan berdasarkan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan menggunakan skala likert. Selanjutnya uji yang digunakan untuk menguji instrument peneltian berupa uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji f dan uji t, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian, hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Produk(X1), Harga(X2), Promosi(X3), dan Tempat(X4) secara bersama – sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pemebelian(Y) dengan nilai f hitung lebih besar di bandingkan f tabel yaitu 51,019 > 2,70, dan berdasarkan uji t variabel Produk, Harga, dan Promosi masing – masing berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung lebih besar di bandingkan nilai t tabel yaitu 4,335 > 1,986 untuk variabel Produk, 3,688 > 1,986 untuk variabel harga, dan 2,132 < 1,986 untuk variabel Promosi, namun variabel Tempat tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung lebih kecil dari pada t tabel yaitu 0,900 < 1,986. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,669 menunjukkan kemampuan variabel independen mempengaruhi Keputusan Pemebelian sebesar 66,9% dan sisanya sebesar 33,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian era pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Keputusan Pembelian
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:09
Last Modified: 13 Jul 2021 05:49
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item