ANALISIS POSITIONING SMARTPHONE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Studi Kasus Mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta)

Setyadi, Irfan and Subkhan, Muhammad (2017) ANALISIS POSITIONING SMARTPHONE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Studi Kasus Mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
131114153-Irfan Setiadi unggah.pdf

Download (772kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, terlebih pada Smartphone. Smartphoneseakan-akan menjadi barang yang harus dipenuhi. Smartphone menjadi barang yang wajib dimilikibagi kalangan muda khususnya mahasiswa. Merek-mereksmartphonemuncul dipasaran. Akhir-akhir ini smartphone yang sedang digandrungi konsumen adalah merek asal Tiongkok. Lenovo, Oppo, dan Xiaomi adalah produk Tiongkok yang tengah menjadi primadona saat ini. Ketiga smartphone tersebut bersaing memperebutkan konsumen. Sama-sama dari Tiongkok dan memiliki banyak kemiripan, tetapi ketiga smartphone tersebut memiliki posisi yang berbeda-beda di benak konsumen. Perbedaan posisi tersebut sangat menarik untuk diteliti lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning smartphoneLenovo, Oppo, dan Xiaomi. Data dikumpulkan denganmembagikan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah correspondence analysis. correspondence analysis merupakan metode analisis untuk merepresentasikan data tabulasi secara grafis. Analisis ini menghitung skor pada baris dan kolom dan menghasilkan grafik berdasarkan skor tersebut. Hasil penelitian ini adalah jarak posisi smartphone Lenovo, Oppo, dan Xiaomi yang saling berjauhan. Posisi ini menunjukkan bahwa persaingan diantara ketiga smartphone tersebut tidak terlalu ketat. Smartphone Lenovo dipersepsikan memiliki keunggulan pada atribut harga. Smartphone Oppo dipersepsikan memiliki keunggulan pada merek dan desain. Sementara smartphone Xiaomi dipersepsikan memiliki keunggulan pada kualitasnya. Kata kunci: Analisis Korespondensi, Peta persepsi, Positioning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:31
Last Modified: 17 Sep 2018 06:31
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item