STRATEGI PENURUNAN PIUTANG PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN

Murdoko, Ely and Wening, Nur (2017) STRATEGI PENURUNAN PIUTANG PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SLEMAN. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
133114242-Ely Murdoko unggah.pdf

Download (787kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan dan penurunan piutang pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman serta untuk mengetahui strategi yang dijalankan dalam menurunkan jumlah piutang pajak. Permasalahan yang diangkat adalah jumlah piutang pajak yang dikelola oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman dari tahun 2011 sampai dengan 2015 menunjukkan tren kenaikan yang cukup signifikan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan cara mempelajari Undang-Undang Perpajakan yang berlaku di Indonesia dan peraturan pelaksanaannya, observasi, wawancara dan pembagian kuesioner kepada petugas pajak yang terkait dengan piutang pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa yang mempengaruhi kenaikan jumlah piutang pajak diantaranya banyaknya ketetapan pajak yang tidak dibayar oleh Wajib Pajak sampai dengan lewat tanggal jatuh tempo pembayaran, adanya hasil keputusan upaya hukum keberatan, banding, peninjauan kembali dan SK Pembetulan yang menambah jumlah yang masih harus dibayar serta adanya Wajib Pajak pindah masuk dari KPP lain yang masih mempunyai tunggakan. Adapun yang mempengaruhi penurunan jumlah piutang yaitu adanya pembayaran ke kas negara oleh Wajib Pajak, adanya pencairan dari eksekusi tindakan penagihan, adanya keputusan upaya hukum keberatan, banding, peninjauan kembali dan SK Pembetulan/SK Pembatalan/SK Pengurangan Sanksi yang mengurangi jumlah pajak yang harus dibayar oleh Wajib Pajak serta adanya Wajib Pajak yang pindah ke KPP lain yang masih mempunyai tunggakan. Strategi yang sebaiknya dijalankan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman untuk menurunkan jumlah piutang pajak diantaranya adalah dengan mengoptimalkan / meningkatkan kegiatan penagihan terhadap Wajib Pajak yang nilai tunggakannya besar, masih aktif, dan punya kemampuan bayar, memperluas pemblokiran dan penyitaan terhadap Penanggung Pajak Badan, melakukan pencegahan ke luar negeri secara optimal, melakukan penyanderaan terhadap Penanggung Pajak yang potensial, melakukan penyitaan barang-barang milik Wajib Pajak yang belum disita, dan meningkatkan anggaran untuk menunjang tindakan penagihan. Kata kunci: penagihan pajak, piutang pajak, jurusita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:00
Last Modified: 07 Feb 2018 07:00
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item