ASOSIASI MEREK MINUMAN ISOTONIK (Studi pada Konsumen Kota Yogyakarta)

Novitasari, Dwi (2014) ASOSIASI MEREK MINUMAN ISOTONIK (Studi pada Konsumen Kota Yogyakarta). [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ASOSIASI MEREK.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Asosiasi merek adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ingatan mengenai sebuah merek. Asosiasi merek dapat menciptakan suatu nilai bagi perusahaan dan para pelanggan, karena itu dapat membantu proses penyusunan informasi untuk membedakan merek satu dengan yang lain. Manfaat asosiasi merek bagi perusahaan terutama untuk pengambilan keputusan dan perluasan merek produknya, sedangkan bagi konsumen sebagai dasar dalam pemilihan merek. Dengan menggunakan 166 responden untuk masing-masing merek minuman isotonik Pocari Sweat, Powerade isotonik, atau Vita Zone yang ada di Kota Yogyakarta, peneliti mencoba mengidentifikasi atribut yang bisa dijadikan asosiasi pada masing-masing merek minuman isotonik dan menentukan ada tidaknya perbedaan asosiasi merek berdasarkan karakteristik konsumen. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah membeli atau mengkonsumsi produk minuman isotonik merek Pocari Sweat, Powerade isotonik, atau Vita Zone yang ada di Kota Yogyakarta dengan teknik convenience sampling yakni peneliti bebas memilih siapa saja konsumen minuman isotonik merek tersebut diatas yang mudah ditemui ketika melakukan aktivitas berolah raga. Data diambil dengan menggunakan angket, angket pertama disebarkan pada 30 responden yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang segala sesuatu yang melekat pada suatu merek minuman isotonik. Selanjutnya angket kedua disebarkan pada masing-masing responden minuman isotonik sejumlah 166 responden. Penelitian menggunakan metode Cochran dan Chi Square dengan SPSS versi 11.5. Hasil pengujian Cochran dengan taraf signifikansi 1% diperoleh hasil bahwa ada 5 asosiasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand image pada merek Pocari Sweat (minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh, minuman yang dapat menyegarkan tubuh,minuman mudah didapat,minuman yang praktis bisa dibawa kemana-mana, dan minuman yang halal dikonsumsi), sementara Powerade Isotonik dan Vita Zone masing-masing sebanyak 4 (minuman yang dapat menyegarkan tubuh,minuman mudah didapat,minuman yang praktis bisa dibawa kemana-mana, dan minuman yang halal dikonsumsi) dan 6 asosiasi (minuman yang dapat menyegarkan tubuh, minuman yang mengandung vitamin, minuman yang teruji secara klinis, minuman mudah didapat, minuman yang praktis bisa dibawa kemana-mana, dan minuman yang halal dikonsumsi). Sedangkan hasil pengujian Chi Square yang bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan asosiasi merek yang telah diperoleh dari hasil Cochran berdasarkan karakteristik konsumen didapat hasil bahwa kelompok konsumen Pocari sweat dengan usia antara 20 s/d 30 tahun dan pekerjaan sebagai pelajar/ mahasiswa cenderung menyatakan bahwa Pocari sweat adalah minuman mudah didapat. Sementara pada Powerade Isotonik dan Vita Zone tidak ada pembedaan perlakuan terutama untuk karakteristik konsumen atas dasar gender, usia, pekerjaan, dan frekuensi. Kata Kunci: Ekuitas merek, citra merek, asosiasi merek.

Item Type: Experiment
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:22
Last Modified: 12 Oct 2018 01:39
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item