ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (Studi Kasus pada UMKM di DIY)

Novitasari, Dwi (2014) ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (Studi Kasus pada UMKM di DIY). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text
TAM.pdf

Download (586kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perkembangan dunia wirausaha di Indonesia sekaligus merupakan cikal bakal tumbuhnya usaha dan industri dalam skala besar. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM, khususnya di DIY. Salah satunya adalah teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang cepat berdampak pada UMKM, bagaimana bisnis skala kecil menengah ini dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk usahanya, baik untuk pemasaran, produksi hingga manajemen keuangannya. Disatu sisi, teknologi informasi dapat dianggap sebagai ancaman dan kelemahan, sedangkan disisi lain, teknologi informasi dapat dijadikan kekuatan dan peluang bagi UMKM. UMKM hendaknya mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan bisnisnya agar lebih kompetitif dalam mengembangkan usahanya dan menghadapi persaingan yang semakin ketat dan munculnya globalisasi atau era dunia tanpa batas (borderless world). Dengan semakin berkembang dan majunya dunia teknologi informasi, maka bagaimana penggunaan dan penerimaan teknologi informasi untuk kegiatan UMKM merupakan topik yang menarik untuk diteliti. Untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi informasi oleh pelaku UMKM di DIY, maka digunakan Technology Acceptance Model (TAM). Technology Acceptance Model (TAM) secara lebih terperinci menjelaskan penerimaan teknologi informasi dengan dimensi-dimensi tertentu yang dapat mempengaruhi dengan mudah diterimanya teknologi informasi oleh pemakai. Dengan mengetahui tingkat penerimaan teknologi informasi oleh pelaku UMKM, maka diharapkan dapat membantu pemerintah, swasta dan akademisi dalam memfasilitasi dan mendukung perkembangan UMKM di DIY melalui pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian ini berhasil membuktikan 5 hipotesis dari 6 hipotesis yang diajukan dan hanya hipotesis tentang perceived usefulness yang tidak berpengaruh positif terhadap attitude untuk menggunakan teknologi informasi oleh pelaku UMKM, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,801. Kata kunci : Teknologi informasi, UMKM, Technology Acceptance Model (TAM), DIY

Item Type: Experiment
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:26
Last Modified: 12 Oct 2018 01:34
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item