ANALISIS SWOT PADA PT. QUMICON INDONESIA

Sutomo, Adhi and Akhmad, Jazuli (2017) ANALISIS SWOT PADA PT. QUMICON INDONESIA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
134114047-Adhi Sutomo unggah.pdf

Download (956kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui strategi dari PT. Qumicon Indonesia dalam memaksimalkan potensi yang ada di perusahaan dalam hal desain prouk, teknologi, kreativitas dan sumber daya manusia agar perusahaan dapat memasarkan produknya selain dari tender. Populasi dari penelitian ini adalah PT. Qumicon Indonesia sampel yang diambil ada 5 orang karyawan dengan menggunakan teknik non probability sampling, dalam teknik ini tidak semua populasi mempunyai kesempatan sama untuk bisa dipilih menjadi sampel, unsur populasi yang terpilih menjadi sampel bisa disebabkan karena kebetulan atau karena faktor lain yang sebelumnya sudah direncanakan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh 8 (delapan) alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan yang diperoleh melalui analisi matrik SWOT. Kemudian dengan menggunakan analisis QSPM (quantitative strategic planning matrix) diperoleh peringkat alternatif strategi, peringkat yang paling tinggi atau alternatif srategi yang paling disukai oleh perusahaan dalam usahanya mempertahankan eksistensinya yaitu meningkatkan kualitas produk untuk memperkuat penjualan di seluruh wilayah Indonesia dengan meningkatkan kerjasama dengan CV di daerah-dareah seluruh Indonesia yang sejenis dengan skor TAS 4.88, alternatif strategi ini dapat membantu PT. Qumicon Indonesia dalam memasarkan produk-produknya selain dari tender pemerintah. Sedangkan alternatif strategi yang mempunyai peringkat paling rendah dengan skor TAS 3.29 yaitu penghematan bahan baku komponen impor dengan menghitung jumlah komponen dan kebutuhan tiap produk agar beban biaya impor dan waktu tunggu pengiriman barang dari luar negri dapat diminimalkan, alternatif strategi ini sudah dilakukan oleh perusahaan tetapi tidak dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : Analisis SWOT, PT. Qumicon Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:02
Last Modified: 07 Feb 2018 07:02
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item