STRATEGI PEMASARAN KEDAI ZU-PA SOUP DAN PASTA JL. JUWADI NO 19 KOTA BARU YOGYAKARTA

Kusumawardani, Widhi Dian and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2019) STRATEGI PEMASARAN KEDAI ZU-PA SOUP DAN PASTA JL. JUWADI NO 19 KOTA BARU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
154115321 Widhi Dian Kusuma 1-3.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
154115321 Widhi Dian Kusuma 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Perkembangan bisnis bidang usaha restoran di Yogyakarta mulai menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.Dalam waktu singkat banyak pengusaha restoran berlomba-lomba dalam memperkenalkan keunikan dan keunggulan masing-masing.Oleh sebab itu perusahaan harus terus berupaya melakukan strategi agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat dan tetap menjadi pilihan utama sehingga mempunyai konsumen yang loyal. Yogyakarta pada sekarang ini tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar dan kota wisata saja,namun dikenal pula sebagai salah satu kota kuliner yang terkenal. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu "Bagaimana strategi pemasaran kedai zupa soup dan pasta?"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran zupa soup dan pasta. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kedai Zu-pa jl juwadi no 19 kota baru Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Studi Dokumenter.Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah seperti Pengumpulan Dara, Reduksi Data, Display Data dan Varifikasi dan Penegasan Kesimpulan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini terdapat faktor Internal (IFAS) yaitu Kekuatan dan Kelemahan sedangkan Faktor Eksternal (EFAS) yaitu peluang dan ancaman.Terdapat perhitungan nilai dan bobot serta bobot dan rating yang berdasarkan rekapitulasi nilai Skor IFAS dan EFAS.Adanya Formulasi Strategi untuk memanfaatkan peluang pasar melalui analisis terhadap faktor internal dan eksternal. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Keunggulan rasa dan aneka zupa, pasta dan pizza untuk tetap dipertahankan baik dari segi kualitas maupun kuantitas makanan tanpa ada yang dikurangi baik takaran maupun resep. (2) Mejalin kerja sama dengan pemasok lainnya yang sama sebagai secound alternatif jika terdampat kendala dipemasok lainnya. Sehingga kuantitas bahan baku tetap terjamin ketersediannya. (3) Inovasi untuk menciptakan Zupa, pasta dan Pizza sesuai selera konsumen tetap harus ada mengingat potensi pasar sangat besar untuk usaha yang sejenis.(4) Meningkatkan kinerja SDM supaya lebih loyak terhaap usaha ini, serta membuat sistem birokrasi yang sesuai dengan standar SOP yang berlaku dalam usaha. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya perubahan SDM tanpa disadari. (5) Meningkatkan keuntungan dari word of mouth sebagai kegiatan promosi untuk menarik lebih banyak konsumen dengan memberi voucher diskon untuk pembelian selanjutya. (6) Media promosi online lebih dikelola atau bisa juga oleh pemiliki kedai untuk fokus dalam menggunakan sosmed terutama saat ini adalah IG dengan lebi sering memposting foto, pengadaan voucher atau give away dan mengundang Instafooder. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran Kedai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:30
Last Modified: 01 Oct 2019 06:30
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item