Afifah, Choiriatul and Zuraida, Lukia (2019) ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG SEBELUM DAN SESUDAH REVITALISASI PASAR TRADISIONAL SECANG KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
15411536 Choiriatul Afifah 1-3.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
15411536 Choiriatul Afifah 4-5.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
Abstract
Keberadaan pasar tradisional di masyarakat beberapa tahun belakangan mengalami penurunan. Untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah membuat kebijakan revitalisasi pasar tradisional yang menyeluruh ke seluruh wilayah di Indonesia pada tahun 2014. Dengan adanya revitalisasi diharapkan dapat memperbaiki aspek fisik pasar dan juga aspek manajemen serta aspek ekonomi dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan pedagang. Salah satu daerah yang sudah melakukan revitalisasi pasar tradisionalnya adalah Kabupaten Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan pedagang sebelum dan sesudah dilakukan revitalisasi di Pasar Secang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Pasar Tradisional Secang Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program revitalisasi yang dilakukan pada Pasar Secang berdampak negatif. Dari aspek fisik sudah banyak pedagang yang merasa puas, akan tetapi dari aspek manajemen dan pengelolaan pasar banyak pedagang yang merasa kurang puas, perlu adanya peningkatan dalam pemeliharaan dan pengeloalaan Pasar Secang. Dari aspek ekonomi banyak pendapatan pedagang yang menurun, meskipun ada beberapa yang meningkat ataupun tetap. Peran pemerintah untuk dapat memajukan pasar setelah revitalisasi sangatlah penting agar dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang. Kata Kunci : Pasar Tradisional, Revitalisasi, Pendapatan Pedagang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Manajemen > Manajemen Pemasaran B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:48 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |