Fatulloh, Ruli and Akhmad, Jazuli (2019) ANALISIS BAURAN PROMOSI POT GRC PADA PT. SATUBUMI DI PASAR AUSTRALIA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
154115247 Ruli Fatulloh 1-3.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
154115247 Ruli Fatulloh 4-5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran promosi pada PT.Satu Bumi pada pasar Australia. Obyek dalam penelitian ini adalah PT.Satu Bumi. Informan dalam penelitian ini adalah Direktur, Manajer Pemasaran dan berberapa konsumen yang bersedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain adan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci. Hasil penelitian menerangkan bahwa bauran promosi yang digunakan oleh PT.Satu Bumi yaitu melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan pemasaran langsung. Kegiatan promosi ini dilakukan melalui berbagai media cetak, media elektronik dan media luar ruangan. Perusahaan memiliki anggaran khusus untuk kegiatan promosi meskipun jumlahnya tidak dapat dipastikan, setiap tahunya berubah menyesuaikan dengan kebutuhan. Semua kegiatan promosi yang dilaksanakan PT.Satu Bumi berpengaruh positif terhadap perusahaan, hal ini bisa dibuktikan dengan peningkatan penjualan setiap tahunya. Wilayah pemasaran PT.Satu Bumi juga cukup luas, yaitu di Melbourne, Sydney, Perth, Adelaide, Brisbane, Queanbeyan dan Canberra. Periklanan bertujuan untuk memberikan informasi, mengingatkan dan mempengaruhi konsumen. Periklanan dilakukan melalui brosur, koran ( yaitu The Area News dan Sydney Telegraph) dan papan nama. Penjualan Pribadi yang dilakukan pada PT.Satu Bumi melalui tenaga salesman. PT.Satu Bumi memiliki kegiatan rutin untuk masing-masing salesman yang berada di berbagai kota guna memperluas pasar dan menjaga komunikasi dengan pelanggan. Promosi Penjualan melalui melalui potongan harga dan pameran. Kegiatan promosi yang terakhir yaitu pemasaran langsung. Pemasaran langsung dilakukan melalui telepon, katalog, surat elektronik dan berbagai media sosial. Dalam pemasaran langsung, komunikasi promosi ditunjukan langsung kepada calon konsumen PT.Satu Bumi dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan, baik melalui telepon, surat elektronik atau dengan datang ke perusahaan. Kata Kunci :Bauran Promosi, Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Manajemen > Manajemen Pemasaran B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 01:41 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 01:41 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/974 |
Actions (login required)
View Item |