MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR POSTER MENGGUNAKAN TEKNIK KERING SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN

Hartati, Eni Sri and Suprihanto, John and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR POSTER MENGGUNAKAN TEKNIK KERING SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903843 ENI SRI HARTATI 1-3.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
172903843 ENI SRI HARTATI 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pelajaran Seni Budaya khususnya seni rupa selalu ada kaitannya dengan menggambar. Di kelas VIII C Semester 2 KD 4.3 menggambar poster dengan teknik campuran dilihat dari dokumen nilai awal menggambar poster dari 32 siswa yang tuntas hanya 10 siswa ini berarti hanya 31% siswa yang hasil belajar menggambar posternya tuntas dengan KKM 75, sedang 69% siswa tidak tuntas. Rumusan masalah hasil belajar menggambar poster dengan menggunakan teknik campuran siswa VIII C SMP Negeri 1 Poncowarno. Tujuan Penelitian ini untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan nilai menggambar poster siswa kelas VIII C rendah. Menganalisis mengapa faktor tersebut menyebabkan hasil belajar menggambar poster dengan teknik campuran rendah. Mengevaluasi penerapan teknik campuran menyebabkan nilai rendah. Dan bagaimana penerapan tehnik kering dapat meningkatkan hasil menggambar poster siswa kelas VIII C SMP negeri 1 Poncowarno. Metode Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang berasal dari hasil tes unjuk kerja yaitu dengan dokumentasi nilai awal rata-rata 71,9. Menggunakan angket untuk mengidentifikasi, faktor-faktor yang menyebabkan menggambar poster dengan teknik campuran rendah. Untuk menganalisis dan mengevaluasi faktor penyebab nilai menggambar rendah dengan menggunakan teknik campuran dengan menggunakan data wawancara, observasi dan dokumen hasil gambar. Menggunakan data primer dengan dokumen nilai selanjutnya pada siklus I rata-rata 76 dan siklus II dengan nilai rata-rata 79,6. Metode analisisnya menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu dari 32 siswa di awal yang tuntas hanya 10 siswa atau 31 % setelah menggunakan tehnik kering yang benar dan baik dengan crayor yang tuntas di siklus I menjadi 24 siswa atau 75% dan di siklus II hasil belajar menggambar poster naik menjadi 100% yang tuntas. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar menggambar poster rendah karena alat menggambar yang kurang, siswa tidak paham teknik campuran sehingga pewarnaan tidak rata, rapi dan indah. Hasil analisisnya siswa sulit menyampur cat, percampuran kadang terlalu cair, kadang terlalu kental sehingga warna ada yang tebal dan ada yang tipis. Siswa juga kurang sabar, kurang teliti untuk mewarnai menggunakan teknik campuran yang harus menggunakan dua teknik. Penerapan teknik kering untuk menggambar poster bagi siswa mudah dipahami dan digunakan oleh siswa. Cara menggunakan teknik kering dengan alat krayon yaitu dengan memutar-mutarkan ujung krayon ke sketsa bidang gambar poster secara berurutan dengan menggunakan warna muda terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil warna rata, rapi, indah dan menarik. Dengan menggunakan teknik kering di siklus II siswa VIII C SMP Negeri 1 Poncowarno tuntas 100% atau 32 siswa tuntas semua dengan nilai rata-rata 79,6 dan KKM 75. Untuk menggambar siswa juga harus siap bahan dan alat untuk menggambar. Kata kunci: menggambar poster, teknik kering

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:51
Last Modified: 30 Oct 2019 03:51
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item