PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Periode 2014-2018)

Wahyuni, Wuri Apri and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2020) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Periode 2014-2018). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
file/d/1JMMl3MHQ5Gd7iUUjw5cF92DX9LVibpM1/view_usp=drive_open

Download (71kB)
[img] Text
file/d/1wVdc855deJRknZu8m6XQ5USZ22Vtv95T/view_usp=drive_open
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan Regresi Linear, Uji F, Uji R², dan Uji T. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan pertanggungjawaban sosial melalui laporan berkelanjutan atau Sustainability Report dan laporan keuangan pada perusahaan sektor pertambangan dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 49 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan hanya 21 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Berdasaran hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan SPSS.18, menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal ini diketahui dari nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel, dan nilai signifikansi lebih kecil daripada tingkat signifikansinya. Sedangkan profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih kecil dari nilai t tabel, dan nilai signifikansinya lebih besar daripada tingkat signifikansinya. Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A. Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 May 2020 06:02
Last Modified: 06 May 2020 06:02
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item