PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Puspantari, Panesti and Chasanah, Uswatun and Mathori, Muhammad (2020) PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (71kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik bahwa setiap penyelenggaraan pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab standar layanan tunjangan profesi guru kurang optimal serta upaya peningkatan layanan tunjangan profesi guru di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di seksi Kesharlindung Bidang GTK. Informan penelitian adalah Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kepala Seksi Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan (Kesharlindung) dan 3 orang pegawai pelayanan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hambatan yang menyebabkan Standar Layanan Tunjangan Profesi Guru tidak optimal adalah waktu pelayanan konsultasi dan penyelesaian pengerjaan pengajuan permohonan dari pengguna cukup lama, pengguna jasa kurang memahami permasalahan mereka sendiri, ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai, kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan masih kurang mahir terutama pelayanan yang berbasis komputer. Upaya peningkatan standar layanan tunjangan profesi guru ialah melakukan evaluasi pelayanan secara rutin, menambah jumlah pegawai agar dapat memperbaiki kecepatan dan ketepatan pelayanan, melakukan sosialisasi tentang peran dan tanggung jawab Dinas Dikpora terkait proses pelayanan untuk mendapatkan tunjangan profesi, sarana prasarana perlu diperbaharui dan diperbaiki agar tersedia dengan memadai, dan perlu memberikan pendidikan serta pelatihan bagi petugas yang belum mahir mengoperasikan alat bantu Kata Kunci : Kualitas Layanan, Guru PNSD, TPG, DISDIKPORA

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:05
Last Modified: 18 Jun 2020 07:29
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item