Prihatiyanti, Prihatiyanti and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2020) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGGONG KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
Text
view_usp=sharing Download (72kB) |
|
Text
view_usp=sharing Restricted to Registered users only Download (64kB) |
Abstract
Rendahnya hasil nilai ujian tiga tahun terakhir yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan di SD Negeri Manggong. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menyusun strategi yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2020. Jenis penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam focus group discussion. Teknik analisis data SWOT. Hasil penelitian menunjukkan mutu pendidikan Mutu pendidikan di SD Negeri Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung saat ini kurang bagus belum ditunjang dengan sarana prasarana sekolah dan belum semua guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung kegiatan belajar sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yaitu faktor internal terdiri kekuatan (strenght) adalah peran aktif guru menyusun kurikulum, silabus, RPP. Memahami manfaat BOS. Telah melaksanakan program remidial dan mendukung kenaikan pangkat melalui PAK. Kelemahan (weakness) adalah belum optimalnya pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan, belum semua menggunakan alat peraga dan belum semua guru menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sedangkan Faktor eksternal terdiri dari peluang (opportunity) adalah memiliki visi misi yang jelas, kepemimpinan yang baik, keterbukaan adanya kemajuan sekolah dan peran serta masyarakat yang baik terhadap mutu pendidikan dan ancaman (threat) belum terbentuk team work yang beranggotakan guru dan masyarakat (komite sekolah). Belum semua wali murid paham pemanfaatan BOS. Belum seluruh komite sekolah terlibat dalam perumusan visi dan misi sekolah. Strategi yang diterapkan adalah meningkatkan profesionalisme guru dengan cara mengikut sertakan guru dalam berbagai diklat, membentuk team work yang beranggotakan guru dan masyarakat (komite sekolah) dan peningkatan sarana prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan BOS dan dukungan dari masyarakat. Kepala sekolah disarankan berperan aktif melaksanakan supervisi dan pembinaan secara terprogram, agar dapat mengetahui adanya perubahan pada kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Membentuk team work bersama masyarakat untuk kemajuan sekolah. Meningkatkan sarana prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan BOS dan dukungan dari masyarakat. Kata Kunci: Mutu, Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 03:07 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 03:07 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1331 |
Actions (login required)
View Item |