Kadarwati, Sri and Septiani, Irni and Suud, Muhammad (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. In: PROSIDING Seminar Nasional dan Call For Paper “Catatan Akhir Tahun Republik Indonesia 2017”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 286-294. ISBN 978-602-51174-0-4
Text
view Download (64kB) |
Abstract
Belajar adalah “Pengalaman terencana yang membawa perubahan tingkah laku” sehingga tugas dan peran guru bukan lagi sebagai pemberi informasi (transfer of knowl- edge) tetapi sebagai pendorong siswa belajar (simultan of learning) agar dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan. Fenomena yang terjadi di sekolah siswa tidak antusias dan belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berakibat prestasi hasil belajar tidak mencapai KKM. Diharapkan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi mata pelajaran yang menarik sehingga hasil belajar meningkat. Dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share, penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 28 Purworejo dalam dua siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan tatap muka dan satu kali pertemuan untuk evaluasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar. Sebelum diadakan penelitian hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 63,75 dengan ketuntasan belajar klasikal 56.3%, sedangkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 75,0%, hingga pada siklus II memperoleh rata-rata nilai sebesar 77,5 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,6%. Sehingga model pembelajaran Think Pair and Share dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam merencanakan strategi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Think Pair and Share.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 05:26 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 05:26 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |