MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Triatmadji, Widijantoro (2020) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 355-360. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Prestasi belajar siswa dalam pelajaran Biologi yang tidak maksimal merupakan keluhan umum guru mata pelajaran Biologi di negeri ini. Untuk itu maka telah telah diujicobakan penerapan beberapa model pembelajaran, diantaraya adalah model pembelajaran kooperatif type STAD DENGAN pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor-faktor apakah yang dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Gombong (2) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Gombong (3) mengevaluasi penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-2 SMA Muhammadiyah Gombong (4) menunjukan penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-2 SMA Muhammadiyah Gombong.Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuwalitatif dan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa kelas XI –IPA 2 SMA Muhammadiyah Gombong. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 63.9% (cukup) pada siklus I, dan meningkat menjadi 79.2% (baik) pada siklus II. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Gombong. Rata-rata selisih skor antara pre-test dan post test sebesar 40.2 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 74.25pada siklus II.

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:12
Last Modified: 17 Nov 2020 02:12
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item