PENGARUH PENERAPAN E-FILING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT LAPOR SURAT PEMBERITAHUAN DENGAN KEPUASAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Hidayat, Anwar and Hidayat, Anas and Subkhan, Muhammad (2020) PENGARUH PENERAPAN E-FILING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT LAPOR SURAT PEMBERITAHUAN DENGAN KEPUASAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (72kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung penerapan e-Filing, Social Media Marketing dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Minat Lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh tidak langsung penerapan e-Filing dan Social Media Marketing terhadap Minat Lapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui Kepuasan Wajib pajak sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuisioner serta analisis data diuji menggunakan bantuan software Smart PLS 2.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh subjek pajak yang terdaftar di KPP Pratama Bantul dan memiliki kewajiban untuk lapor SPT Tahunan PPh orang pribadi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 151 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Penerapan e-Filing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Lapor SPT, Penerapan e-Filing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Sosial Media Marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Sosial Media Marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat lapor SPT, Kepuasan Wajib Pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Lapor SPT, Kepuasan Wajib Pajak memediasi hubungan antara Penerapan e-filing dengan Minat Lapor SPT, Kepuasan Wajib Pajak memediasi hubungan antara Sosial Media Marketing dengan Minat Lapor SPT. Kata kunci: e-filing, social media marketing, kepuasan wajib pajak, minat lapor SPT

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:47
Last Modified: 06 Sep 2022 07:55
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item