OPTIMALISASI SISTEM ADMINISTRASI PELAYANAN RAPID TEST DRIVE THRU RUMAH SAKIT”JIH” YOGYAKARTA TAHUN 2020

Giyati, Tri and Widayat, Wahyu and Zulkifli, Zulkifli (2020) OPTIMALISASI SISTEM ADMINISTRASI PELAYANAN RAPID TEST DRIVE THRU RUMAH SAKIT”JIH” YOGYAKARTA TAHUN 2020. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (72kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Pada Awal tahun 2020 Masyarakat Dunia telah disibukkan dengan Pandemi Covid-19.RS JIH mempunyai layanan screening deteksi covid-19 yaitu layanan rapid test secara drive thru. Jumlah Peserta rapid test pada bulan Agustus 2020 adalah 3959 Peserta. Tetapi dalam pelaksanaan nya masih belum Optimal dan Banyak kendala. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sistem administrasi yang dianalisis yaitu Komponen Input yang terdiri dari Ketersediaan SDM, Jenis Formulir, Ketersediaan Peralatan dan Perlengkapan Administrasi, dan Kesesuaian harga. Sedangkan kompenen proses adalah kesesuaian alur dengan SOP RS. Adapun Komponen Outputnya adalah Waktu Tunggu rata rata rapid test dan Surat Keterangan Pemeriksaan. Sistem pelayanan administrasi rapid test drive tru RS JIH sudah baik, tetapi masih ada beberapa kendala yang seharusnya segera diperbaiki. Dari Segi Input terdiri dari Ketersediaan SDM juga masih dirasa kurang, Formulir yang penting untuk diisi adalah formulir Screening deteksi dini dan Persetujuan Pengiriman Hasil rapid via whatssap atau email,harga layanan sudah sesuai,perlatan dan perlengkapan sudah sesuai, alur sudah sesuai dengan SOP, rata-rata waktu tunggu rapid test adalah 43,5 menit sudah sesuai target, alur pengambilan SKP sudah sesuai SOP. Akan tetapi masih ada beberapa kendala seperti kurangnya Tenaga SDM, Banyaknya formulir yang harus diisi, setting tempat kerja yang belum optimal, kurang singkornnya pemberitahuan hasil rapid test, banyak hasil rapid tes yang belum diambil, dan Jam Operasional Layanan rapid test drive thru yang terkadang belum sesuai. Kata Kunci : Sistem, Administrasi, Pelayanan, Rapid test, drive thru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:50
Last Modified: 01 Dec 2020 07:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item