ANALISIS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PANJATAN II KABUPATEN KULON PROGO

Andri, Randi and Priyastiwi, Priyastiwi and Zulkifli, Zulkifli (2022) ANALISIS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PANJATAN II KABUPATEN KULON PROGO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya Kesehatan masyarakat dan Kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Sebagai suatu jasa fasilitas kesehatan puskesmas tentunya harus menjalankan fungsi-fungsi sebagai pelayanan untuk menyembuhkan pasien. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada pasien selama ini telah sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) atau belum. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal, sehingga puskesmas di tuntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasaan pasien dengan meningkatkan pelayanan agar kepuasaan pasienya meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo apakah sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan insidental sampling, informan dalam penelitian terdiri dari pasien rawat jalan, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Berdasarkan hasil yang di di uji menunjukan bahwa kinerja pelayanan di Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo tahun 2021, diketahui rata-rata dengan nilai 96% dikategorikan baik dengan nilai dari 100 informan dan didapatkan 96% dilayani dengan baik. Hasil wawancara mendalam terkait kinerja pelayanan di Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo mendapatkan hasil yang baik dengan kualitas pelayanan yang disediakan oleh petugas di setiap poli Pendaftaran, poli umum, poli gigi, poli laboratorium dan poli ruang obat/farmasi sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Adapun kendala yang didapatkan yakni sering terjadi gangguan Simpus di BPJS sehingga menjadi penghambat dalam pelayanan disetiap poli rawat jalan di Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo. Kata Kunci : Kinerja Pelayanan, Pasien Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:27
Last Modified: 20 Jan 2022 08:27
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item