Subenti, Subenti and Putro, Khamim Zarkasih and Zulkifli, Zulkifli (2022) PERANAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK KECAMATAN ARJOSARI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
Text
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text
view_usp=sharing Restricted to Registered users only Download (65kB) |
Abstract
Supervisi akademik kepala sekolah merupakan serangkaian kegiatan membantu guru professional untuk meningkatkan profesionalitasnya dalam mengembangkan materi dan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dan untuk mengetahui teknik-teknik yang dipergunakan kepala sekolah serta tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi professional guru kelompok B TK Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Metade yang dipergunakan dalam penelitin ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah 19 kepala sekolah dan 25 guru kelompok B TK, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah satu (1) orang kepala TK Attarmasi dengan delapan (8) orang guru kelompok B dan satu (1) orang kepala TK Melati dengan jumlah guru kelompok B empat (4) orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah sudah rutin dilaksanakan, sudah menyertakan instrument supervisi maupun instrument penilaian kinerja guru. Aspek-aspek yang di supervisi antara lain: kelengkapan perangkat pembelajaran terdiri atas dokumen kompetensi inti dan dokumen kompetensi dasar pengembangan program tahunan, program semester, RPPM,RPPH, Penilaian. 2).Teknik -teknik yang dipergunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru TK adalah teknik individual dan teknik kelompok. Teknik individual meliputi: Observasi kelas, kuanjungan kelas, percakapan pribadi menilai diri sendiri,. Sedang teknik kelompok antara lain: Workshop, seminar, kegiatan di kelompok kerja guru ( KKG) di pusat kegiatan guru (PKG).Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah ini adalah kualifikasi akademik guru, kepribadian guru, dediksi guru kemampuan mengajar, tangapan positif guru terhadap supervisi akademik kepala sekolah, kedisiplinan, kesejahteraan dan kemampuan manajerial kepala sekolah. sarana prasarana serta lembaga telah difasiliasi dengan dipasangnya internet.Kepala sekolah menindak lanjuti kegiatan supervisi kademik ini dengan pembinaan, pembimbingan, dan mengirimkan para guru untuk mengikuti penataran/pelatihan dan melakukan sharing dalam forum kegiatan kelompok kerja guru/pusat kegiatan guru. Kata Kunci : Supervisi akademik kepala sekolah. Kompetensi professional guru kelompok B TK.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 05:56 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 05:56 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
View Item |