PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR MENULIS CERITERA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN JURNAL HARIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2018

Sulastri, Sri and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR MENULIS CERITERA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN JURNAL HARIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161403343 SRI SULASTRI.pdf

Download (577kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan teknik pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan proses pembelajaran kompetensi dasar menulis ceritera pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2018. (2) Mendeskripsikan peningkatan kompetensi dasar menulis ceritera melalui teknik pembelajaran jurnal harian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2018 yang berjumlah 45 orang. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji kredibilitas (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi). Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan mengadaptasi dari pendapat Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Teknik yang tepat dalam meningkatkan proses pembelajaran kompetensi dasar menulis ceritera siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo menggunakan jurnal harian. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran menulis ceritera narasi, serta keterampilan menulis ceritera narasi siswa sudah tergolong baik. Pembelajaran menggunakan teknik jurnal harian dengan tahapan, yaitu: (1) Tahap orientasi (orientation), (2) Tahap penjelasan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran apersepsi, (3) Diskusi kelompok dengan cara mencermati, menganalisis contoh diary/buku harian, (4) Presentasi hasil analisis yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok, (5) Menyimpulkan materi pelajaran yang terkait dengan bentuk, ciri-ciri kalimat yang dipergunakan dalam diary/buku harian, (6) Pemberian tindak lanjut menulis diary/buku harian selama seminggu/kurun waktu yang disepakati, dan (7) Menyimpan hasil kerja siswa sebagai portofolio atau diteruskan oleh anak yang bersangkutan. (b) Penerapan teknik pembelajaran jurnal harian dapat meningkatkan kompetensi dasar menulis ceritera pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2018, terbukti ada kenaikan skor nilai yang meningkat dari data dokumen sebesar 2740 (60,89) dengan ketuntasan 25,58%, sedangkan nilai setelah menggunakan teknik jurnal harian, yaitu 4145 (92,11) dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan 45 siswa SD Negeri Donorojo I kelas IV semua tuntas belajar. Kata Kunci: Menulis Ceritera, Teknik Pembelajaran Jurnal Harian, Siswa SD

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:56
Last Modified: 14 Sep 2018 08:56
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item