PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS VI SDN GRUJUGAN KABUPATEN KEBUMEN

Masujiantoro, Masujiantoro and Sutikno, Bayu and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS VI SDN GRUJUGAN KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151602956 MASUJIANTORO.pdf

Download (703kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tertarik dengan adanya siswa SD Negeri Grujugan Kabupaten Kebumen yang hasil belajarnya masih rendah dan belum tuntas KKM. Rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih monoton. Metode pembelajaran harus inovatif dan bervariasi sesuai materi pembelajaran. Dengan pemilihan metode yang tepat maka materi akan tersampaikan secara maksimal, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri Grujugan Kabupaten Kebumen dan mencari pembuktian bahwa metode STAD berbantuan video dapat diterapkan secara efektif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas VI SD Negeri Grujugan Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan guru kelas dalam proses pembelajaran sangat tepat dan menarik perhatian siswa sehingga hasil belajarnya meningkat. Penggunaan metode STAD berbantuan video menemukan beberapa hambatan antara lain siswa perlu mengetahui lebih dalam tentang metode STAD. Selain itu siswa belum begitu paham tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode STAD. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan solusi yang telah dilakukan sehingga penerapan metode STAD dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hasil penelitian dari pennggunaan metode STAD berbantuan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VI SD Negeri Grujugan Kabupaten Kebumen menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode STAD berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Grujugan Kabupaten Kebumen. Kata Kunci : Metode, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:03
Last Modified: 25 Sep 2018 08:03
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item