PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE REALISTIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Widiarti, Septiana and Wening, Nur and Nugraheni, Agusta Ika Prihanti (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE REALISTIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151602943 SEPTIANA WIDIARTI.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Berdasarkan realita bahwa pelajaran matematika biasanya dianggap menakutkan dan sulit bagi siswa, mereka enggan untuk mencoba mempelajari matematika, bahkan matematika dianggap sebagai momok. Sehingga mereka kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berdampak hasil belajar siswa menjadi rendah. Siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2016/2017 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bangun datar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil tes kondisi awal yang diperoleh siswa. Sebanyak 26 dari 32 siswa belum mengalami ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75, dengan nilai rata-rata yang masih rendah yaitu 59,06. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatkan prestasi belajar Matematika materi bangun datar melalui metode realistik pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Analisis kualitatif data dilakukan untuk mengukur perkembangan kualitas proses pembelajaran yang diperoleh dari data hasil observasi. Selain itu analisis data juga dilakukan untuk mengukur perkembangan kualitas hasil pembelajaran yang diperoleh dari data evaluasi tiap siklus. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode realistik dapat meningkatkan nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dan dapat juga meningkatkan persentase nilai siswa di atas KKM, yaitu pada kondisi awal rata-rata hasil belajar siswa 59,06 dan siswa yang tuntas KKM hanya 18,75%, sedangkan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,72 dan siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 43,75%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 79,22 sedangkan siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 100%. Kata kunci: Prestasi Belajar, Matematika, Metode Realistik dan Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:54
Last Modified: 26 Sep 2018 03:54
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item